Senin, 15 Juni 2015

Penentuan Awal 1 Ramadhan 1436 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat ! Yuk Intip, Persiapan Sambut Ramadhan

Yuk Intip, Persiapan Sambut Ramadhan !

IkbasKarangpenang.com – Tak lama lagi umat muslim di seluruh dunia akan meyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Hanya tinggal menghitung hari saja kita umat muslim menyambut bulan nan berkah suci Ramadhan.
Untuk menentukan awal 1 Ramadhan 1436 H sekaligus awal puasa, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang ‘isbat’ untuk menentukan awal Ramadhan 1436 H/2015 M. Sidang ‘isbat’ sendiri rencananya akan berlangsung di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (16/6/2015).
Menurut Dierjen Bimas Islam Kementerian Agama Machasin, bahwa sidang akan dilakukan secara tertutup, sedangkan hasilnya akan disampaikan atau diumumkan secara terbuka, Minggu (16/6/2015). Selain itu, sidang isbat sendiri nantinya akan dihadiri oleh perwakilan ormas Islam dan perwakilan negara sahabat.

Yuk Intip, Persiapan Sambut Ramadhan !

Adapun proses sidang isbat akan dimulai selepas maghrib dan diawali dengan pemaparan serta penjelasan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama untuk membahas tentang posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1436 H. “Sidang digelar setelah adanya laporan hasil ‘rukyatul hilal’ dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia,” kata Machasin.
Penentuan Awal 1 Ramadhan 1436 H, Kemenang Gelar Sidang Isbat ! Yuk Intip, Persiapan Sambut Ramadhan
Namun tentunya menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, hendaknya kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini agar saat bulan Ramadhan tiba kita dapat melaksanakan ibadah puasa dan sunah-sunahnya dengan tenang dan tidak terganggu. Nah apa saja yang perlu dipersiapkan ? simak yuk berikut ini.
  • Pertama, hal yang harus dipersiapkan adalah ilmu. Tentunya kita harus memiliki landasan ilmu yang kuat agar dapat menjalankan ibadah secara maskimal. Salah satu caranya yakni dengan menghadiri berbagai majelis-majelis yang membahas tentang Ramadhan.
  • Kedua, persiapan fisik. Tentunya sebelum menjelang Ramadhan kita telah mempersiapkan fisik pasalnya kita harus memerlukan fisik yang prima saat menjalankan aktivitas di bulan Ramadhan. Pasalnya, bila fisik kita lemah, pastinya dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah itu pun tak dapat maksimal.
  • Ketiga, persiapan harta. Persiapan harta disini dimaksudkan agar kita memiliki bekal harta yang cukup sehingga saat Ramadhan berlangsung kita bisa lebih fokus untuk menjalankan ibadah puasa dan lainnya. Selain itu dapat digunakan untuk melipatgandakan sedekat datau infak di bulan Ramadhan.
  • Keempat, salah satu persiapan yang harus diingat adalah semangat. Ya, tentu kita harus bersemangat saat menanti datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, dan persiapan itu pun harus dilakukan jauh-jauh hari terlebih bulan Ramadhan hanya tiba satu tahun sekali untuk itu kita pun harus beribadah semaksimal mungkin apalagi pahala dibulan Ramadhan akan dilipatgandakan.
  • Kelima, yang tak kalah penting adalah peningkatan diri. Tentunya kita memiliki target yang ingin kita capai di bulan Ramadhan nantinya. Misal target untuk mengkhatamkan Al quran selama Ramadhan, menyelesaikan kitab-kitab tafsir, target infak, membantu orang-orang yang memmbutuhkan dll.

0 komentar:

Posting Komentar